Kamis, 25 September 2014

SUPERVISI AKADEMIK



Supervisi akademik merupakan salah satu kegiatan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Kegiatan supervisi dilaksanakan secara alamiah dalam arti guru tidak perlu melakukan persiapan khusus atau mengkondisikan siswa sehingga seolah-olah kelas tertib dan anak-anak pun belajar dengan baik.

Hal yang terpenting dalam melakukan supervisi adalah melakukan perencanaan dan komunikasi kepada guru. Apabila hal ini sudah dilakukan maka kita tinggal menentukan waktu serta supervisor yang akan melakukan supervisi kepada guru-guru yang telah dijadwalkan. Supervisor biasanya kepala sekolah atau wakil kepala sekolah atau guru senior yang dapat memberikan teladan yang baik dalam proses pembelajaran.
Gambar: Guru IPA sedang menjelaskan materi

Gambar: Guru PJOK sedang memberikan penjelasan sebelum materi tentang Kelenturan

Gambar: Guru bahasa Sunda sedang mengapresiasi wayang karya siswa

Gambar: Siswa sedang aktif mempraktikkan materi tentang listrik

Selama supervisi, supervisor mengamati dan mencatat peristiwa yang terjadi selama kegiatan pembelajaran yang akan dijadikan bahan untuk memberikan umpan balik kepada guru yang telah disupervisi. Melalui pemberian umpan balik, diharapkan guru mengetahui kelebihan-kelebihan/ kekuatan selama mengajar setelah kelemahan atau kekurangan yang masih perlu ditingkatkan pada pembelajaran berikutnya. Dalam supervisi ini, supervisor dapat menemukan kesalahan konsep atau kekeliruan pendekatan yang mungkin perlu diperbaiki oleh guru.

Supervisi yang terencana dan berjalan baik akan menghasilkan proses pembelajaran yang baik, dikarenakan kemampuan guru yang selalu meningkat dengan adanya diskusi dan umpan balik yang diberikan oleh supervisor. Pada akhirnya, pembelajaran dapat berkualitas, siswa pun dapat meraih ilmu dan pengetahuannya secara baik sehingga dapat meraih kompetensi dan prestasi yang diharapkan. Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar