Kamis, 25 September 2014

KLASTER KURIKULUM 2013 KOTA BEKASI

Pelaksanaan Kurikulum 2013 di beberapa sekolah di Jawa Barat dan khususnya di kota Bekasi semakin giat dilaksanakan. Salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam implementasi Kurikulum 2013 serta untuk melakukan sharing sesama guru di satu wilayah maka dilakukan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 dengan sistem Klaster.
Gambar: Suasana menjelang pembukaan IN 1

Gambar: Diskusi guru Prakarya di ruang prakarya
Di kota Bekasi sedikitnya 45 Induk Klaster  yang membawahi sedikitnya empat sampai lima sekolah. SMP Labschool Cibubur adalah satu dari 45 Induk Klaster yang berada di Sub Rayon 4 Kota Bekasi. Dari 45 Induk Klaster 39 adalah sekolah negeri dan 6 sekolah adalah sekolah swasta.

Gambar: Diskusi guru-guru BK
Kegiatan Klaster ini terdiri dari pendampingan oleh nara sumber yang telah mendapatkan pelatihan di tingkat provinsi yang selanjutnya mendeseminasikan kepada guru-guru lainnya. di Sub Rayon yang terdiri dari 45 sekolah terdapat sedikitnya 12 nara sumber yang akan bertugas di 9 Klaster yang ada. Sistem yang dilakukan adalah dengan kegiatan IN dan ON, dimana IN dilakukan tiga kali dan ON dilakukan 2 kali. ( IN----------ON---------IN---------ON----------IN) Maksudnya kegiatan Induksi selama 3 pertemuan dan pelaksanaan On Job selama 2 kali. Di SMP Labschool Cibubur kegiatan IN 1 dilaksanakan pada hari Senin, 15 September 2014, dalam kesempatan tersebut bapak Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. berkenan memberikan materi mengenai Kurikulum 2013.
Gambar: Sebagian peserta yang sedang mengikuti IN 1

Setiap sekolah mengirimkan 10 guru mata pelajaran yang terdiri dari B. Indonesia, B. Inggris, Matematika, IPA, IPS, PJOK, Seni Budaya, Prakarya, PPKN dan BK. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang memberikan anggaran stimulan sebesar 22 juta setiap klaster.

Semoga maksud dan tujuan mulia ini dapat terlaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar