Senin, 19 Januari 2015

BERPACU DALAM SSN

Berpacu dalam SSN merupakan satu ungkapan yang pas untuk menggambarkan kegiatan yang sangat maraton dalam rangka menuju SSN. Seperti diketahui bahwa, sekolah pada tahun lalu ditunjuk sebagai sekolah potensial untuk menjadi SSN dan sekolah tersebut diharuskan menyusun dan mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan Jawa Barat. apabila proposal disetujui maka pemda akan mengeluarkan dana bantuan 50 juta rupiah.


Beberapa kegiatan yang telah dilakukan adalah:
1.      Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Penyusunan KTSP dilakukan oleh seluruh guru dan pimpinan sekolah dengan didampingi oleh POMG serta mendapat bimbingan dari pengawas pembina serta materi dari Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd.
 
Gambar: Ibu Noor Arifah sebagai pengawas pembina yang mendampingi SSN
2.  Pencetakan buku pedoman akademik dan kesiswaan serta kalender akademik yang diberikan kepada seluruh siswa. Buku ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada siswa dan orang tua tentang kalender dan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah selama menjadi siswa di SMP Labschool Cibubur.
Gambar: Beberapa buku pedoman untuk siswa

3.      Pembinaan dan pelatihan kepada tenaga kependidikan
Pembinaan dan pelatihan kepada tenaga kependidikan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman staf administrasi dalam mengelola administrasi sekolah yang merupakan elemen penting bagi jalannya suatu sekolah. Tenaga administrasi yang baik akan menciptakan sekolah yang baik, oleh karena itu pembekalan dan pelatihan yang terarah dan terprogram sangat diperlukan. Pelatihan ini dipandu langsung oleh bapak Drs, A.M. Azis Setiawan, M.Pd. Beberapa materi yang telah diberikan kepada para staf administrasi antara lain:
-        Pembinaan pengelolaan administrasi keuangan
-        Pembinaan pengelolaan administrasi kesiswaan
-        Pembinaan pengelolaan administrasi sarana dan prasarana
-        Pembinaan pengelolaan administrasi persuratan, dll

4.      Penambahan dua buah Laptop
Pembelian dua buah laptop untuk menambah inventaris lap top sehingga bisa lebih maksimal digunakan oleh guru dalam melakukan pembelajaran dan atau kegiatan.

5.       Pelatihan Menulis Guru
Pelatihan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat menulis di kalangan guru yang didasari dari pengalaman selama guru mengajar atau menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan bahan ajar seperti membuat buku pelajaran atau buku pengayaan. Pelatihan ini diberikan langsung oleh bapak Drs. Ukim Komarudin, M.Pd. seorang penulis produktif yang aktif membuat buku dan menulis di beberapa surat kabar, beliau juga guru dan kepala sekolah di SMP Labschool Kebayoran.

6.      Pembinaan Pedagogik dan Profesionalisme Guru
Pembinaan Pedagogik dan profesionalisme guru dilakukan oleh Ibu Indira Sunito, M.Psi, bapak Dr. M. Sukardjo serta bapak Drs. Masribi
Gambar: Pa Kardjo dan bu Indira serta pa Masribi dalam pembinaannya
7.      Pelatihan Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
Pelatihan ini diberikan oleh bapak Windy Gambetta, Ph.D. seorang dosen Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Gambar: Pa Windy sedang menyampaikan materi
Gambar: Paparan materi tentang ICT
8.       Pelatihan Pembelajaran Problem Based learning
Pelatihan pembelajaran PBL dipandu oleh ibu Tya Bintarti, S.Pd. beliau adalah guru SMP Labschool Kebayoran yang telah mendapat pelatihan langsung dari Kementrian Pendidikan dan sering menjadi beberapa nara sumber di berbagai sekolah.

9.         Pelatihan Pembuatan dan pemanfaat Alat Peraga Pendidikan
Pelatihan pembuatan dan pemanfaat alat peraga pendidikan diberikan oleh Ibu Noor Arifah, M.M., yang merupakan pengawas pembina di kota Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar