Minggu, 25 Januari 2015

TALK SHOW KESIAPAN ORANG TUA MENDAMPINGI SISWA UJIAN AKHIR

SMP Labschool Cibubur pada Sabtu, 24 Januari 2014 menggelar Talkshow yang membahas kesiapan orang tua mendampingi siswa menghadapi Ujian Akhir. Talkshow yang berlabel "BERSUA" kepanjangan dari "Berbincang Sukses Ujian Akhir" ini menghadirkan empat pembicara sekaligus  dari sudut pandang yang berbeda yaitu:
1. Sudut Psikologi anak, dengan pembicara psikolog dari UNJ, yaitu Ibu Indira Sunito, M.Psi. yang membahas mengenai perlunya siswa diberi kepercayaan dan ketenangan dalam menghadapi Ujian. Orang tua diharapkan banyak mendengar apa-apa yang disampaikan anak dan menjadi panutan yang membanggakan anak-anaknya.

Gambar: Ibu Indira sedang menyampaikan materi


2. Sudut Pemerintah, dengan pembicara Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Bapak drs. Edi Djunaedi, M.Pd. yang memaparkan kebijakan PPDB di lingkungan Kota Bekasi yang menggunakan sistem on line dengan nilai UN sebagai dasar penerimaannya. Selanjutnya beliau menyampaikan kuota bagi siswa di luar Kota Bekasi yang mengikuti PPDB on line di Bekasi akan mendapat porsi 5% dari kuota yang ada. Bapak Dedi dalam kesempatan tersebut memberikan pula hal-hal yang perlu dipersiapkan menjelang ujian akhir antara lain: Selalu menjaga kesehatan, Persiapan mental, memperbanyak berlatih, belajar kelompok, percaya diri serta dengan DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakal)

Gambar: Penampilan salah satu siswa
3. Pendidikan lanjut, dengan pembicara Kepala SMA Labschool Cibubur, bapak Buang Raharjo, S.Pd. yang menyampaikan mekanisme pendaftaran di SMA Labschool Cibubur yang melalui dua cara yaitu PPSBB (Program Penjaringan Siswa Baru Berprestasi) dan pendaftaran sistem reguler. pa Buang memaparkan prestasi sekolah khususnya angkatan pertama yang telah berhasil meraih peringkat 5 dan 6 untuk jurusan IPS dan IPA di Kota Bekasi dan lebih dari 40% para siswa melanjutkan di PTN di Indonesia dan selainnya di PTS serta di luar negeri.

Gambar: antusias orang tua dalam acara BERSUA
4. Sudut Orang tua, dengan pembicara Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. yang membahas perlunya orang tua memiliki sikap demokratis dalam mendampingi anak Ujian Akhir, yaitu sikap yang hangat dan sikap yang terbuka. 
Gambar: Pa Arief sedang menyampaikan materi

Talkshow yang diperuntukkan bagi orang tua siswa kelas 9 ini mendapat respon  yang positif terbukti dengan hadirnya sebagian besar orang tua siswa yang antusias menyimak pembicara pertama sampai dengan terkakhir. Acara ini dihadiri pula oleh dua orang pengawas pembina, yaitu Ibu Noor Arifah dan Bapak Azis serta kepala-kepala SMP di lingkungan Labschool seperti SMPN 20, SMP Sandikta, SMP PGRI Pondok Gede dan SMP Raudatul Mutaqin.

Acara Bersua bertambah semarak dengan penampilan anak-anak hebat, antara lain Kayla dengan Story telling dan solo vokalnya, Sarah Aska dengan solo keyboard serta tim tari tradisional dari Ekskul Tari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar