Jumat, 05 Desember 2014

JUARA I DI RUSSIA

Tim budaya SMP Labschool yang berjumlah 22 siswa, 2 guru, 3 pelatih dan 2 pendamping bertolak ke Rusia pada Rabu 12 Nov 2014 dengan tujuan mengikuti folklore international "interfolk" di Saint Petersburg Russia. Tim budaya yang membawa nama Indonesia dalam bidang seni tari, lagu dan musik tradisional ini berhasil menjadi juara pertama mengungguli 40 an peserta lain yang berasal dari negara-negara federasi Rusia dan negara-negara lainnya termasuk tetangga kita Malaysia yang menempati juara kedua. 

Gambar: Tiga Piala diraih sekaligus sebagai peserta, juara I dan Price of Jury
Pada babak pendahuluan tim ini harus bersaing ketat untuk masuk ke 15 besar dan setelah masuk 15 besar bersaing ketat untuk meraih performa terbaik. Alhamdulillah tim yang bernama Danadaksa Budaya berhasil menempatkan diri sebagai juara pertama. Tim Danadaksa Budaya yang berarti Penjaga Budaya ini merupakan tim yang termuda usianya dibanding dengan peserta dari negara-negara lain. Mereka adalah siswa-siswi kelas 7 dan 8 yang berusia 12 s.d. 13 tahun. Oleh karena itu setiap tim ini tampil mendapat apresiasi yang luar biasa dari penonton maupun dewan juri. Ada tiga tarian yang ditampilkan dalan even ini yaitu tari Rato Jaro atau sering dikenal dengan Saman dari NAD, tari Rantak Tampurung dari Sumbar dan tari Katong Parampuan dari Papua. 

Gambar: Salah satu penampilan tari Rato Jaroe yang sangat memukau
Keikutsertaan SMP Labschool Cibubur dalam kegiatan ini adalah kali yang kedua. Pertama pada even 5th international folklore di Turki, dimana tim SMP Labschool Cibubur meraih posisi ke tiga setelah Georgia dan Rusia pada tahun 2012. Kegiatan di Russia ini cukup menantang karena disamping melawan kompetitor dari negara lain, anak-anak kita juga harus berjuang dengan suhu yang tidak biasa yaitu rata-rata pada suhu 2 derajat celcius. Namun karena anak-anak memiliki semangat yang kuat dan tekad yang besar mereka tetap berjuang sehingga akhirnya meraih keberhasilan. Tidak hanya itu tim ini juga mendapat penghargaan spesial dari tim juri yaitu piala "Special Price of Jury" dan juri meminta khusus untuk foto bersama dengan tim Danadaksa Budaya. 
Gambar: Piagam Juara I di 7th Folklore in Russia

Kemenangan ini membuktikan bahwa Indonesia sangat kaya dengan budaya yang indah, fantastik dan menarik. Tiga tarian ini baru sedikit saja dari ribuan budaya bangsa yang sangat kaya dan membanggakan. Peran generasi muda dan negara untuk lebih mengenalkan budaya ini ke mancanegara sebagai alternatif budaya dunia. Inilah yang membuat anak-anak bangga dan semangat untuk berjuang di St Petersburg sebuah kota terindah di Russia. Kunci sukses kegiatan ini adalah dukungan orang tua dan sekolah serta pihak Gantari Khatulistiwa yang memberikan kesempatan dan jalan untuk menuju Russia. Maju terus Indonesiaku, Jaya dan makmur bangsaku. Terima kasih atas dukungan, doa serta perhatian yang telah diberikan.selama ini. Berita kemenangan ini dimuat pula di detik.com pada alamat: http://news.detik.com/read/2014/11/20/063124/2753577/10/grup-musik-dan-tari-labschool-cibubur-raih-emas-di-kejuaraan-dunia, serta harian on line surat kabar Teras Lampung di http://www.teraslampung.com/2014/11/duta-smp-labschool-cibubur-ke-rusia.html. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar