Kamis, 26 September 2013

Sukses harus direncanakan dan dipersiapkan

Sukses merupakan impian dan harapan semua orang, namun kesuksesan jarang orang untuk mempersiapkan dan merencanakan. Orang menginginkan sukses dengan cara yang biasa dilakukan oleh orang, namun kenyataannya sukses diraih melalui cara-cara yang tidak biasa orang lakukan.

Perencanaan merupakan lima puluh persen keberhasilan, sehingga perencanaan yang baik dan matang akan mendorong terciptanya kesuksesan. Kesiapan meraih kesuksesan pun perlu dilakukan, sehingga kita tidak kaget dan shock saat mendapatkan kesuskesan. Ippho Santoso menjelaskan bahawa "kepantasan" kita untuk meraih kesuksesan adalah hal yang penting. Pantas dalam hal ini adalah kita memposisikan dan mengkondisikan untuk menjadi pribadi/lembaga yang sukses. Artinya kesiapan-kesiapan perlu kita kondisikan sejak dini, baik berupa mental sukses maupun sarana dan prasarana pendukung sukses tersebut.

Sekolah sebagai institusi pendidikan menginginkan civitas akademikanya meraih kesuksesan, apakah itu guru, karyawan maupun siswanya. Kesuksesan siswa dalam menempuh pendidikan antara lain dengan tercapainya komptensi yang diharapkan oleh satuan pendidikan serta dimilikinya segenap pengetahuan, keterampilan dan sikap yang telah ditentukan. Indikator sukses yang paling mudah dan difahami oleh masyarakat biasanya direduksi dengan kenaikan kelas dan kelulusan dengan nilai yang membanggakan.
Gambar: SUN Menuju Sukses Ujian dan Sukses Pendidikan

Sukses Ujian bagi siswa kelas akhir seperti kelas 6, 9 dan 12 merupakan kesuksesan yang sangat jelas difahami dan dibaca oleh masyarakat. Sekolah yang dapat meluluskan 100% siswanya berarti telah sukses dalam proses pendidikannya, apalagi jika ditambah dengan nilai yang membanggakan.
Gambar; Buku SUN untuk siswa

SMP Labschool Cibubur yang pada tahun ini pertama kalinya akan mengikuti Ujian Nasional (UN) mencitakan kesuksesan dalam pelaksanaan dan hasilnya. Oleh karena itu sekolah telah membuat "Program SUN" yaitu Sukses Ujian Nasional 2014 dengan slogannya "SUN Menuju Sukses Ujian dan Sukses Pendidikan". Kegiatan Program SUN antara lain:
- Tes Diagnostik
- Pemantapan Materi UN
- Try Out Ujian
- Tes Psikologi
- Tutor Sebaya
- Doa Bersama
- Motivasi Berprestasi (AMT)
Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mengantarkan kepada kesuksesan siswa dan sekolah yang sesungguhnya. Amiin ya rabbal alamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar