Jumat, 13 September 2013

LARI LINTAS JUANG DAN PELANTIKAN OSIS

Tradisi yang dikembangkan di lingkungan Labschool yang menjadi budaya sekolah adalah kegiatan Lari Lintas Juang dan Pelantikan OSIS. Kegiatan ini merupakan puncak rangkaian rekrutmen OSIS dan MPK yang diselenggarkan oleh sekolah sekaligus sebagai wahana regenarasi kepengurusan organisasi siswa di sekolah. 

Pengurus OSIS dan MPK sebelum dilantik oleh kepala sekolah melakukan prosesi lari lintas juang sejauh lebih kurang tujuh kilometer. Pagi subuh, mereka sudah bersiap di kawasan Bumi Perkemahan Jakarta (Buperta) Cibubur. Setelah melakukan shalat Shubuh berjamaah dan meneguk teh hangat serta menyantap sepotong roti sebagai bekal lari mereka pun melakukan pemanasan dan persiapan lari yang dipandu oleh dua orang TNI dari Marinir.





Gambar: Rangkaian Lintas Juang dan Pelantikan OSIS  

Apel pemberangkatan Lari Lintas Juang dilakukan pasca pemanasan yang diisi oleh Sambutan Kepala Sekolah bapak Drs. Uswadin, M.Pd. dan BPS Labschool Cibubur, bapak dr. Asdineri Ruslim, Sp.OG, dan pengibaran bendera start dilakukan oleh Kepala Divisi IT Labschool, bapak Raidil Fitran, S.Pd. Jumlah peserta lari lintas juang melebihi seratus siswa yang terdiri dari 54 OSIS dan MPK yang purna bhakti dan 55 OSIS dan MPK yang akan dilantik, didampingi sejumlah guru baik yang berjaga di pos maupun yang mendampingi lari dari start hingga finish di sekolah.

Lari lintas juang bagi siswa merupakan saat monumental yang sangat ditunggu dan dinanti, ada rasa bangga yang luar biasa di dada mereka saat akan dilantik menjadi pengurus, dan demikian pula ada rasa haru penuh kebanggan karena telah mampu melaksanakan amanah kepengurusan selama satu tahun penuh. Saat-saat menggetarkan dan mengharukan lebih memuncak saat rombongan memasuki halaman sekolah, karena seluruh siswa, orang tua dan guru-guru dengan suka cita menyambut kedatangan mereka. Laksanakan pahlawan yang telah menang berjuang di medan laga, kehadirannya sangat dinantikan dan dielu-elukan oleh pengagumnya. 

Tidak kalah menariknya adalah prosesi pelantikan OSIS dan MPK, dimana saat memasuki lapangan upacara mereka membentuk formasi dan konfigurasi serta membuat pedang pora. Kata sambutan dari ketua umum yang akan menjabat dan yang telah purna bahkti disampaikan secara bergiliran, mereka dengan semangat dan bangga diliputi keharuan memberikan pesan-pesan positip kepada sesama siswa. Saat-saat pembacaan pelantikan didahului sebelumnya dengan pelepasan jaket OSIS/MPK oleh kepala sekolah dan orang tua, selanjutnya mereka yang telah purna bhakti mendapatkan pengulangan medali sebagai kenangan-kenangan dari sekolah. sebagai acara terakhir dilakukan penyiraman air bunga sebagai simbol untuk senantiasa OSIS dan MPK membawa nama harum sekolah dimanapun mereka berada. OSIS SMP Labschool Cibubur periode 2013/2014 menamakan dirinya sebagai OSIS.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar