Kamis, 26 September 2013

PEMBINAAN DAN MONITORING IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Labschool Cibubur dilaksanakan secara bertahap seperti sekolah-sekolah lainnya yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 baik sebagai sekolah sasaran maupun sekolah mandiri. Kelas 7 tahun pelajaran 2013/2014 adalah kelas yang menerapkan kurikulum baru ini, sedangkan kelas 8 dan kelas 8 masih menggunakan kurikulum 2006 sesuai dengan permendiknas nomor 22 dan 23 serta 24 tahun 2006 yang telah beberapa kali direvisi.

Sebelum implementasi di sekolah, pembinaan dan pembekalan untuk guru-guru serta kepala sekolah telah dilakukan oleh BPS YP UNJ, maupun oleh Kemendikbud. Lokakarya yang dilaksanakan oleh Labschool dalam menyambut implementasi kurikuklum 2013 dengan tema; "Menjadi sekolah unggul dan bermartabat dalam Penerapan Kurikulum 2013" mengahdirkan bapak Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., (Kepala Badan PSDMP dan PMP)  Prof Dr. Conny R. Semiawan, Prof Dr. Arief Rachman, M.Pd. Dr. Herman Sumantrie (Puskurbuk) serta motivator Ippho Santoso (Pakar Otak Kanan) 
Gambar: Sharing guru, kepala sekolah dan pengawas pembina
Gambar: Pemaparan dari Pengawas

Gambar: Proses Pembinaan, dan diskusi dengan guru-guru

Sedangkan dari Kemdikbud melalui pelatihan 5 hari di Puncak Bogor ada 9 (sembilan) guru yang telah mendapatkan pelatihan yaitu guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKN, Matematika, IPA, IPS, Prakarya, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Olah Raga yang berlangsung dari tanggal 8-12 Juli 2013. Kepala sekolah pun mendapat pelatihan P4TK BK dan Penjas di Parung Bogor bersama kepala-kepala sekolah DKI Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya.

Agar pelaksanaan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan serta dapat mencapai tujuan pelaksanaan kurikulum 2013 juga dimonitoring oleh pengawas pembina. Beberapa waktu lalu pengawas memonitoring pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Labschool Cibubur. Beberapa guru diminta untuk menyampaikan kendala dalam implementasi kurikulum, serta menjelaskan pendekatan-pendekatan terbaru dalam implemetasi kurikulum. Pengawas akan memantau kembali pada bulan Oktober 2013 yang akan datang. Semoga pelaksanaan kurikulum dapat berjalan dengan baik untuk menjadikan Indonesia lebih baik dari sekarang. Amiiin yra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar