Rabu, 27 Februari 2013

SISWA LATIHAN KEPEMIMPINAN BERSAMA KOSTRAD TNI AD



Berlatih bersama dengan pasukan elit TNI AD dalam hal kepemimpinan adalah salah satu kesempatan mahal dan langka yang dialami oleh siswa pada umumnya. Hal inilah yang dirasakan oleh peserta Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Teladan Indonesia (SAKTI 2013) SMP Labschool Cibubur. Kegiatan SAKTI merupakan kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi siswa kelas 7 di SMP Labschool Cibubur. Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Denharrahlat) Kostrad merupakan untuk yang kedua kalinya.
Gambar: Berfoto bersama dengan pelatih Kostrad
Gambar: Peserta SAKTI Persiapan dilapangan

Tujuan SAKTI antara lain untuk membentuk jiwa kepemimpinan, kemandirian dan jatidiri/ kepribadian siswa serta karakter positif yang diperlukan sebagai bekal kehidupan kelak. Materi kegiatan terbagi dua, yaitu pembekalan (Pra SAKTI) dan SAKTI. Pra SAKTI dilaksanakan selama dua hari di sekolah, sedangkan kegiatan SAKTI dilaksanakan selama tiga hari di Gunung Sangga Buana Desa Mekar Buana, Karawang Jawa Barat.
Gambar: Peserta SAKTI makan komando bersama-sama
 
Materi yang disuguhkan dalam kegiatan SAKTI antara lain:
1. Materi: Kedisiplinan yang diberikan oleh pelatih Kostrad di bawah komando Letda Agus Priyanto, dalam bentuk kedisiplinan berkumpul, beribadah, berlatih, makan, serta tidur.
2. Materi: Motivasi Berprestasi, untuk menumbuhkan semangat berprestasi siswa
3. Materi: Penanggulangan dan Pencegahan Bahaya Narkoba oleh Brigjen. Pol. Victor Pudjiadi, Sp.B., FICS, DFM dari Badan Narkotika Nasional   
4. Materi: Ketahanan Nasional dan Bela Negara oleh Komandan Denharrahlat Mayor Aris Windarto
5. Materi: Menjadi Pelajar yang Berkarakter, oleh Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd.
6. Kegiatan Lintas Budaya Nusantara dan Pentas Seni
7. Out Bond dan Dinamika Kelompok yang sangat menyenangkan dan menantang bagi anak-anak.
Gambar: Pak Arief memberikan materi di SAKTI
Gambar: Salah satu kegiatan Baksos POMG dan Orang tua

Pada kegiatan SAKTI, orang tua siswa tidak ketinggalan untuk berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan selama tiga hari ini. Kegiatan Bakti sosial digelar di barak bawah Denharrahlat yaitu berupa Pelayanan Kesehatan Gratis, sebanyak 200 pasien, Penyuluhan Kesehatan, Pembekalan Keterampilan bagi warga, serta Penjualan Sembako Murah. Hiburan sederhana dan meriah digelar dalam bentuk lomba-lomba yang diikuti oleh anak-anak usia sekolah dan ibu-ibu PKK. Sambil meyelam minum air, sambil melakukan baksos sekaligus mengengok anak di kawasan Candardimuka Kostrad.
Selamat dan Sukses untuk semua, dan terima kasih atas segala partisipasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar