Senin, 11 Februari 2013

Video Teleconference antara SMP Labschool Cibubur dengan Bennion JHS, Utah USA



Kamis, 7 Februari 2013 terjadi momen yang luar biasa di SMP Labschool Cibubur dengan terlaksananya kegiatan Video Teleconference antara siswa-siswi SMP Labschool Cibubur dengan mitra sekolah di Amerika Serikat yaitu siswa-siswi di Bennion Junior High School, Utah USA.

Kegiatan yang dilakukan di perpustakaan kedua sekolah difasilitasi oleh Facetofaith dari Tony Blair Foundation dimulai pada pukul 08.00-09.00 WIB atau 18.00-19.00 waktu USA. Ada dua puluh orang siswa yang mewakili sekolah masing-masing untuk saling berdiskusi dan berdialog dengan sesama.  
Diskusi yang difasilitatori oleh Ms. Simmi Kher dan VC Technical Support Mr. Sanjay Bareja dari India menjadikan kegiatan VC berjalan dengan lancar. Guru pendamping dalam kegiatan ini adalah Miss Fela Dafitri (SMP Labschool Cibubur) dan Ms. Pamela Hunter (Bennion JHS USA).
Gambar: Suasana Video Teleconference dengan moderator Ms. Simmi Kher

Topik pembicaraan dalam kesempatan itu adalah tentang Keyakinan dan Tradisi untuk membentuk kesefahaman (understanding) antar sesama berkaitan dengan keyakinan atau prinsip dan pandangan yang berbeda-beda. Harapannnya adalah antar siswa di dunia akan terbiasa dan terlatih dalam menghadapi perbedaan dan menghormati perbedaan tersebut sesuai dengan keyakinan dan tradisi yang dianutnya.

Siswa dari kedua sekolah asik saling berdialog saling tanya jawab seolah-olah tidak ada jarak. Mereka antara lain menanyakan tentang tradisi atau kebiasaan di Indonesia dalam menghadapi Puasa Ramadhan dan Idul Fitri, sedangkan siswa SMP Labschool Cibubur menanyakan tradisi Thanksgiving Day dan Hallowen. Mereka juga menanyakan tentang kondisi sekolah seperti jumlah siswa, kegiatan ekstrakurikuler dan lain-lain. Secara umum acara yang berdurasi enam puluh menit dapat dikatakan sukses, kedua siswa dari sekolah pun merasa senang dan bangga karena dapat berinteraksi secara langsung lintas benua secara on line.

Semoga kegiatan ini sukses dan berjalan lebih baik ke depannya serta kedua sekolah dapat melakukan tindak lanjut yang nyata melalui sister school dan saling kunjung mengunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar