Kamis, 22 November 2012

PEMBINAAN RUTIN BPS LABSCHOOL KEPADA GURU DAN KARYAWAN LABSCHOOL CIBUBUR



Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kualitas layanan di Labschool senantiasa harus dijaga dan dikembangkan dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada para siswa khususnya dan civitas akademika Labschool Cibubur pada umumnya. Oleh karenanya pembinaan rutin kepada guru dan karyawan Labschool Cibubur secara periodik dilakukan oleh BPS Labschool YP UNJ.

Pembinaan pada Selasa, 20 November 2012 dihadiri oleh Ketua dan wakil ketua BPS YP UNJ, Kepala dan wakil kepala Pengembang dan jajaran BPS serta bapak Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. Acara yang dimoderatori oleh bapak Drs. Uswadin,. M.Pd. selaku kepala SMP Labschool Cibubur berlangsung dari pukul 16.00-17.30 dihadiri oleh lima puluhan guru dan karyawan SMP-SMA Labschool Cibubur.
Gambar: Bu Indira didampingi pa Arief Rachman sedang memberi pembekalan ke guru dan karyawan

Prof. Dr. Arief Rachman pada kesempatan itu menyampaikan mengenai kunci sukses pendidikan yang ada di tangan guru, bahkan keberhasilan sebuah bangsa dapat ditentukan oleh kualitas dari guru-guru yang dimiliki bangsa tersebut. Oleh karena itu guru (khususnya guru Labschool Cibubur, red.) harus berkualitas yang antara lain memiliki kriteria atau prasyarat sebagai berikut:

 
-  Guru yang mampu membangkitkan motivasi dan semangat sisiwa dalam belajar, yaitu mampu menumbuhkan kesadaran belajar siswa dan pada diri pribadinya.
-   Guru yang memiliki kreativitas sehingga mampu mewujudkan pelajaran yang mudah difahami siswa. Guru dituntut mampu mengemas dan menyajikan materi pelajaran sehingga siswa mudah memahami pelajaran tersebut, bukan sebaliknya pelajaran menjadi susah di mata siswa.
-   Guru mengetahu makna sukses belajar yang sesungguhnya, yaitu seorang guru yang mampu mengembangkan lima potensi yang ada pada siswa seperti potensi kecerdasan, potensi sosial, potensi emosional, potensi spiritual dan potensi jasmani.
-  Guru yang mampu mengembangkan karakter siswa menjadi pribadi yang unggul dan memiliki jati diri dan kebanggan sebagai bangsa Indonesia
Gambar: Guru dan karyawan khusuk mendengarkan penjelasan dari nara sumber
 Materi kedua diisi oleh Ibu Indira, M.Psi. yang menekankan kembali mengenai kualitas guru yang diawali dari penampilan guru, kesetiaan dan kecintaan dengan profesi guru, mengetahui dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai guru. Ibu Indira menekankan bahwa keberhasilan siswa Labschool tidak hanya diukur dari bidang akademik saja kareana hal itu adalah hal biasa, namun Labschool berupaya agar kesuksesan Labschool adalah secara menyeluruh baik aspek akademik, maupun nonakademik. Meminjam apa yang dikemukakan pa Arief Rachman, sukses dalam lima potensi di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar