Senin, 02 Desember 2013

PERINGATAN HARI GURU, 25 NOVEMBER 2013 DI SMP LABSCHOOL CIBUBUR

Peringatan hari guru di SMP Labschool Cibubur pada tahun 2013 diperingati secara unik dan meriah. Keunikan di sini dimaksudkan pada saat pelaksanaan Upacara Bendera, yang biasa petugasnya adalah para siswa, namun pada upacara kali ini semua dilakukan oleh guru. Petugas pembawa acara, pembaca doa, pembaca pembukaan UUD 1945, ajudan pembina upacara, komandan kompi dan pemimpin upacara termasuk pengibar bendera semuanya dilakukan oleh guru.

Gambar: Guru bertugas sebagai petugas pengibar bendera
Para guru yang bertugas dapat menjalankan kewajibannya dengan baik, sementara guru-guru yang tidak melakukan tugas bergabung bersama sebagai tim paduan suara. Sungguh acara yang sangat unik dan menarik, namun acara tetap dapat berlangsung secara khidmat. Pembina Upacara, bapak Uswadin dalam amanatnya menyampaikan bahwa hari Guru adalah hari yang diperingati oleh hampir semua negara di dunia walaupun tanggalnya berbeda-beda. Khusus untuk Indonesia peringatan hari guru sangat berkaitan dengan masa revolusi dimana peran komponen bangsa sangat dibutuhkan pada masa pasca proklamasi. Pada saat itulah kaum guru mengadakan kongresnya untuk pertama kali pada 25 November 1945 untuk mendukung negara Indonesia dan membentuk wadah persatuan guru yang profesional dan merdeka.

Gambar:Penampilan Perkusi siswa

Setelah kegiatan upacara, selanjutnya dilakukan acara penampilan siswa dan penobatan Student Choose Award, yaitu pemilihan guru terbaik dan terfavorit di kalangan siswa yang dipilih melalui pengumpulan angket (pooling) yang diseabrkan kepada murid satu hari sebelum pengumuman. Ada guru-guru yang masuk nominasi guru tercantik, terganteng, terbaik, terlucu dan terfavorit. Guru yang terpilih diberikan selempang dan ucapan selamat oleh siswa dan sekolah.
Gambar: Pembawa acara, pembaca pembukaan UUD 45 dan doa
 Acara hari guru dimeriahkan pula dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh ketua POMG yang diserahkan kepada kepala sekolah, dan untuk selurh siswa pada hari itu disiapkan nasi kuning. Acara berlangsung meriah dan hangat. Siswa dan guru sangat berbahagia menyambut hari guru. Pada sesi terakhir, para siswa memberikan surat yang berisi ucapan dan harapan kepada guru-guru sesuai dengan pilihannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar