Sabtu, 21 Desember 2013

PEMBAGIAN RAPOR SEMESTER I

Pembagian rapor semester I tahun pelajaran 2013/2014 telah dilaksanakan di SMP Labschool Cibubur pada hari Sabtu, 21 Desember 2013 bertepatan dengan titi mangsa yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk pembagian rapor, Pada pembagian rapaor kali ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dari pukul delapan sampai sepuluh adalah jadwal pengambilan rapor untuk kelas 9. sedangkan sesi kedua pada pukul satu sampai tiga sore adalah jadwal untuk siswa kelas 7 dan 8,

Ada hal yang berbeda dalam pembagaian rapor semester ini, karena SMA Labschool Cibubur menyelenggarakan Career Day dan Pameran Pendidikan yang menghadirkan perguruan tinggi negeri favorit dan puluhan perguruan tinggi swasta. Suasana sekolah-pun menjadi semarak dan meriah, karena pada saat yang bersamaan dilakukan pula pembagian rapor bagi kelas 12 dan try out UN SMA. Disamping itu, perbedaan lainnya adalah model rapor kelas 7 yang berbeda dengan kelas 8 dan 9.

SIswa kelas 7 yang menggunakan kurikulum 2013 menggunakan model rapor yang berbeda, karena menggunakan sistem huruf dalam penilaiannya, bukan menggunakan sistem angka. Sehingga siswa kelas 7 seperti halnya mahasiswa yang mendapat Kartu Hasil Studi (KHS) yang berisi huruf A, A-, B+, B, B-,C+ ,C, C- dan D. Adapun rentang nialinya dari 1 - 4. Disamping itu penilaian dilakukan secara komprehensif dengan adanya penilaian aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta deskripsi setiap mata pelajaran dan antar mata pelajaran. Tidak ketinggalan, siswa pun mendapat nilai rapor kualitatif yang sudah biasa diberikan kepada siswa sejak tahun pelajaran 2011/2012.

Gambar: Bapak Sekdis dan Kasie Kurikulum berfoto bersama saat kunjungan ke sekolah

Dalam kesempatan pembagian rapor tersebut, Kasie Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Bekasi, bapak Drs. Ahmad Baihaqi, M.Pd, berkenan memantau pembagian rapor kurikulum 2013. Beliau menanyakan proses pengolahan nilai sampai dengan hasil. Secara umum beliau mengapresiasi sekolah yang telah bekerja keras untuk membuat laporan pendidikan sesuai dengan pedoman yang telah diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar