Senin, 25 Agustus 2014

“KAUSAR” PESANTREN MODEL SMP LABSCHOOL CIBUBUR



Siswa baru kelas 7 usai mengikuti MOPDB di sekolah dilanjutkan dengan kegiatan KAUSAR, yaitu Kajian dan Ukhuwah Studi Amaliah Ramadhan atau ddi tempat lain dikenal dengan “Pesantren Kilat”. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan kelas 8, 9 yang belum tahun sebelumnya dimaksudkan untuk memberikan tambahan wawasan bagi para siswa tentang ramadhan, dengan demikian diharapkan amaliah selama ramadhan akan semakin berkualitas.
Gambar: Buku Panduan Kausar 1435 bagi para peserta


Pada Ramadhan 1435 H ada sebanyak 230an siswa mengikuti Kausar yang berlangsung dari hari Kamis 17 Juli sampai Sabtu 19 Juli 2014. Pada hari kedua siswa bermalam di sekolah, sehingga sekolah-pun harus menyiapkan hidangan untuk berbuka dan sahur bersama yang diikuti 250an orang lebih.


Materi yang diberikan dalam Kausar adalah materi praktis dan aplikatif serta menghafal ayat-ayat Quran dengan cara yang cepat. Beberapa materi yang diberikan oleh nara sumber antara lain:

1.    Aqidah seorang muslim, yang disampaikan oleh ustad Jahrudin

2.    Bersahabat dengan Al Quran dibimbing oleh Arrahman Quran Learning Centre (AQLC)

3.    Be a good muslim oleh Ustad Bendri

4.    Penerus Cendekiawan Muslim Sejati, oleh Prof. Dr. Arief Rachman,M.Pd.

5.    Menjadi muslim berprestasi, oleh pak Drs. H. Uswadin

6.    Iman, Ilmu dan Amal, oleh bapak Drs. H. Romlan Syukur
Gambar: Peserta Kausar putri sedang apel
Gambar: Peserta Kausar putra



Selama pesantren tersebut, siswa juga mendapat bimbingan secara intensif tentang pentingnya shalat berjamaah, pendampingan hafalan quran, kreasi seni Islam. Siswa dibagi dalam dua kelompok besar yaitu putra dan putri dan masing-masing kelompok dibagi menjadi kelompok kecil yang berjumlah 12-14 siswa dengan nama-nama kelompoh adalah nama-nama sahabat nabi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar