Rabu, 31 Oktober 2012

FIELD TRIP SMP LABSCHOOL CIBUBUR KE BANDUNG



Mengisi kegiatan jeda tengah semester kegiatan yang dilakukan oleh SMP Labschool Cibubur adalah dengan mengadakan kegiatan Field Trip. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa kelas 7 dengan objek kunjungan di daerah Bandung. Ada tiga tujuan yang dijadikan sasaran kunjungan pada Field Trip  kali ini, yaitu Puspa Iptek, Balai Seni Barli dan Museum Geologi.
Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa, 16 Oktober 2012 diawali dengan apel pelepasan yang dihadiri oleh Ketua POMG, Kepala Sekolah dan guru-guru serta Ketua BPS YP UNJ, Ibu Indira Sunito, M.Psi. Dengan menggunakan 5 armada bus besar seluruh siswa kelas 7 yang berjumlah 224 siswa, diangkut menuju Bandung melalui Tol Purbaleunyi didampingi oleh sedikitnya 22 orang guru pendamping. 

Gambar: Ibu Indira selaku Ketua BPS melepas secara resmi kegiatan ke Bandung
Gambar: Suasan perjalanan di dalam bus
Gambar: Aktivitas siswa di Balai Seni Barli

Tujuan pertama yang didatangi oleh rombongan adalah Puspa Iptek dan Balai Seni Barli. Pada tempat pertama siswa dapat belajar secara langsung konsep-konsep Fisika yang disajikan dengan media dan alat yang menarik, bahkan sebagai permainan. Learning by Playing, sepertinya konsep yang disajikan di sisni sehingga anak-anak asik dan tidak bosan dalam belajar Fisika. Sedangkan di Balai Seni Barli, siswa dapat melakukan praktik membuat karya seni dengan menggunakan media gerabah untuk dilukis atau dihias sesuai dengan selera siswa. Hasil karya selanjutnya di bawa oleh siswa sebagai kenang-kenangan.  
Gambar: Siswa mencoba Sepeda Gantung
Gambar: Kunjungan di Museum Geologi

Tujuan akhir dari kegiatan Field Trip adalah museum geologi, sebuah museum yang bersejarah di Bandung yang menyimpan aneka peninggalan dari zaman purba hingga masa kini. Di tempat ini siswa dapat belajar mengenai struktur lapisan tanah, fosil-fosil binatang purba serta beberapa informasi tentang eksploitasi barang tambang yang ada di perut bumi. Satu hal yang menarik adalah, siswa dapat menyaksikan film yang menceritakan sejarah kota Bandung ditinjau dari ilmu Geologi. Tepat pukul empat sore kegiatan di Museum ini diakhiri, dan ditandai dengan sesi foto bersama serta penyerahan kenang-kenangan dari sekolah ke pihak Museum. Selanjutnya guru dan siswa menuju ke bus untuk kembali pulang ke sekolah. Terlihat wajah-wajah ceria siswa dan aktif serta bersemangat dalam mengikuti kegiatan Field Trip ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar