Rabu, 31 Oktober 2012

INDUSTRIAL TRIP SMP LABSCHOOL CIBUBUR KE JOGJAKARTA



Kegiatan Industrial Trip merupakan kegiatan yang diberikan oleh SMP Labschool Cibubur untuk siswa kelas 8. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat belajar secara langsung di sumber-sumber belajar yang ada dengan mengunjungi beberapa industri yang ada di daerah Jogjakarta. Kegiatan yang dikemas dengan suasana wisata sambil belajar sangat menarik bagi para siswa apalagi tujuannya adalah kota Jogjakarta, kota  yang menyimpan sejuta pesona.

Perjalanan diawali dengan pelepasan secara resmi oleh Kepala sekolah di stasiun Gambir pada Rabu malam, 17 Oktober 2012. Dengan menggunakan moda transportasi kereta Api, menambah nyamannya perjalanan in, yang memuat 50 penumpang setiap gerbong. Sehingga ada 4 gerbong kereta yang diisi oleh rombongan dari SMP Labschool Cibubur, karena jumlah pesertanya adalah 172 siswa dan 24 guru dan 3 wakil orang tua siswa, dengan total peserta 199 orang.
Gambar: Suasana Perjalanan menuju Jogjakarta

Gambar: Traktor yang dipamerkan
Kamis pagi, 18 Oktober 2012 rombongan tiba di Jogjakarta, dilanjutkan dengan menuju Restoran untuk Sarapan pagi dan persiapan kunjungan. Adapun tempat yang menjadi kunjungan Industri ini adalah: Quick Traktor, Industri Kaos Kata-kata Jogja, Industri Tanaman Hias, Industri Batik, serta kunjungan ke Industri Kue khas Jogjakarta (Bakpia).
Gambar: aktivitas Siswa mencatat penjelasan tentang budidaya tanaman hias
Gambar: Siswa memperhatikan proses pembuatan batik dengan metode Cap/ stempel

Gambar: Siswa sedang berburu oleh-oleh khas Jogja di centra industri makanan
 
Selain kunjungan industri, siswa juga mengunjungi objek wisata yang popular di Jogjakarta, adapun objek tersebut adalah: Keraton Jogjakarta, Kawasan Jalan Malioboro, Candi Prambanan, serta Lava Tour Gunung Merapi yang mengingatkan peristiwa letusan/ erupsi dua tahun lalu.
Gambar: Berfose bersama di halaman keraton Jogjakarta
Gambar: Siswa di lokasi reruntuhan rumah akibat erupsi Merapi dan diwawancarai wartawan TV
Gambar: Siswa mengunjungi situs Candi Prambanan

Selama di Jogjakarta, siswa bermalam di salah satu hotel yang ada di Jogjakarta, perjalanan City Tour dilakukan dengan menggunakan 5 bus wisata yang mengantarkan siswa dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Setelah menikmati perjalanan lebih kurang tiga hari dua malam, selanjutnya pada Sabtu pagi, 20 Oktober 2012 rombongan bertolak kembali ke Jakarta dengan menggunakan kereta api Taksaka. Pengalaman indah dan menyenangkan telah ditorehkan oleh para siswa dan guru selama perjalanan di Jogjakarta. Selanjutnya siswa ditugasi untuk membuat laporan yang akan dinilai oleh guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar