Kamis, 17 November 2011

PRESENTASI FIELD STUDY

Berbeda dengan hari-hari biasanya, pada Jumat pagi bertepatan dengan tanggal 18 November 2011, siswa -siswi SMP Labschool Cibubur tidak melakukan Olah Raga dan Rekreasi Pagi di lingkungan sekolah beserta guru dan karyawan. Namun mereka hadir ke sekolah dengan menggunakan baju seragam taqwa (seragam Jumat) dan beberapa siswa terlihat mempersiapkan lap top dan membawa display yang menggambarkan aktivitas kunjungan ke daerah Bandung beberapa waktu yang lalu.
Pagi ini terasa berbeda karena, ternyata mereka akan melakukan presentasi hasil Field Study di hadapan dewan juri yang terdiri unsur guru dan unsur POMG yang berjumlah 6 (enam) orang. Ada lima kelompok yang presentasi pada hari ini, dan kelimanya merupakan perwakilan dari masing-masing kelas yang ada di SMP Labschool Cibubur. Setiap kelompok akan mempresentasikan di depan teman-temannya dan akan dinilai oleh juri berdasarkan aspek-aspek: penguasaan materi, kualitas penyajian, bahasa dan kreativitas dalam membuat display dan presentasi. Tidak kalah pentingnya adalah mampu memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman murid lainnya.

Kegiatan di atas merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah dalam memberikan pengalaman belajar yang menantang, karena di samping mendapat pengalaman belajar langsung dari sumber  di lapangan, maka siswa juga belajar mengemukakan pendapat dan berrgumentasi dengan orang lain. Selain itu juga mereka dapat mengembangkan kreativitas seni dengan membuat display dan materi presentasi yang menarik dengan teknik-teknik seni tertentu.
Hasil penilaian dari presentasi field ini juaranya akan diumumkan bersamaan dengan Lomba-lomba lainnya dalam rangka hari Pahlawan dan hari Guru pada hari Jumat, 25 November 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar