Sabtu, 19 November 2011

Dibalik sukses sekolah


Kesuksesan suatu sekolah sangat diharapkan oleh semua warga sekolah khususnya pengelola sekolah, dalam hal ini jajaran pimpinan sekolah, staf dan para  guru. Kesuksesan sekolah dapat diartiakan sebagai sebuah keberhasilan yang diraih oleh sekolah dalam pengelolaan sekolah sehingga meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

Semua orang bersepakat bahwa keberhasilan sekolah sebagai suatu sistem pendidikan tidak terlepas dari tiga unsur pokok sistem tersebut yaitu in put, proses dan out put serta out came. Apabila ketiganya melakukan peran dan fungsinya masing-masing, maka sekolah pasti akan lebih mudah meraih suatu prestasi atau kesuksesan. Sebaliknya apabila komponen-komponen dalam sistem tidak diberdayakan, maka yang akan terjadi adalah kemunduran bahkan kematian suatu sekolah. Apabila mutu in put murid baik didukung oleh in put guru yang baik pula maka hal ini merupakan keuntungan tersendiri, apalagi sekolah memprosesnya dengan baik dengan memperhatikan lingkungan sekitar (environmental in put) maka akan dapat dipastikan mampu menghasilkan out put sekaligus out came yang baik. Hal seperti ini memang selalu diupayakan oleh manusia yang selalu berusaha meraih kesuksesan.

Namun kadang kita terlupa, bahwa kesuksean dan keberhasian kita merupakan ridlo dari Yang Maha Kuasa. Sehingga apabila kita ingin meraih kesuksesan yang hakiki pada sebuah sekolah maka yang harus kita lakukan adalah mampu menggapai  ridlo Allah, sebab apabila ridlo Allah sudah dapat kita raih maka Allah-pun akan memberikan dan mengabulkan apa-apa yang kita (sekolah) inginkan. Sebaliknya, jika Allah belum memberikan ridlo-Nya, maka kesuksesan dan keberhasilan walaupun secara hitungan logika manusia dapat diraih maka akan sulit untuk dicapai. Pertanyaannya, bagaimana agar Allah yang Maha Berkehendak dan Maha Kuasa berkenan mengabulkan keinginan dan cita-cita kita (sekolah)? Sehingga sekolah kita benar-benar menjadi sekolah yang berhasil.

Untuk meraih keridloan yang Maha Kuasa dan Maha berkehendak, maka kita harus mampu melakukan apa-apa yang Allah suka, cinta dan Allah bangga kepada kita. Sebab apabila Allah sudah cita kepada kita, maka apapun yang kita minta, bahkan yang belum kita minta akan Allah berikan kepada kita. Aktivitas yang dapat membuat Allah ridlo adalah, dengan melakukan kegiatan di sekolah yang mengagungkan dan membesarkan namaNya. Bagi sekolah-sekolah yang mayoritas siswanya muslim maka dapat dilakukan kegiatan-kegiatan seperti:
-      Tadarus rutin/ baca kitab suci sebelum memulai pelajaran resmi
-      Shalat jamaah pada saat dhuhur atau ashar
-      Kegiatan tausiah/ kultum rutin
-      Membaca asmaul husna sebelum shalat jamaah
-      Memulai dan mengakhiri belajar dengan berdoa
-      Kegiatan amal/ shadaqah bagi sesama yang tidak mampu.
-      Kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya sesuai dengan latar belakang agamanya masing-masing.
Tadarus atau kegiatan lainnya di atas walaupun dirasakan tidak memiliki kontribusi besar bagi pencapaian sukses sekolah khususnya bidang akademik namun pada hakikatnya disitulah letak kunci sukses sebuah sekolah. Ingat, kontribusi manusia dibandingkan dengan ridlo Allah adalah sangat kecil sekali. Oleh karena itu, Ayo kita ciptakan di sekolah-sekolah kita aktivitas yang dapat membuat Allah bangga, cinta dan kagum kepada kita. Pasti Allah tidak akan mengingkari janjiNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar