Jumat, 14 November 2014

INDUSTRIAL TRIP KE SOLO DAN JOGJA

Industrial Trip merupakan kegiatan belajar di luar kelas yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman belajar yang lebih luas, menyenangkan serta menantang. Kegiatan yang dilakukan dengan mengunjungi beberapa macam industri dihubungkan dengan sedikitnya sembilan mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, IPA, IPS, Matematika, Prakarya, Seni Budaya dan Matematika dikemas sedemikian rupa sehingga dalam satu kegiatan siswa dapat meraih 9 nilai mapel, baik dari segi afektif, psikomotor serta kognitifnya.

Kegiatan Industrial Trip tahun ini mengambil destinasi di dua kota bersejarah, yaitu Solo dan Yogjakarta. Kunjungan di Solo, adalah Industri tekstil terbesar yaitu Sritex yang telah berhasil mengekspor produk-produk berkualitasnya ke mancanegara, termasuk didalamnya adalah pakaian seragam militer anggota-anggota NATO, kunjuungan ke Sritex ini dikaitkan dengan mata pelajaran PPKn dan IPS. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke bangunan yang menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur. Siswa mempelajari dari kacamata IPS untuk kegiatan ini. acara dilanjutkan ke wisata favorit Jogjakarta, yaitu jalan-jalan dan belanja di Malioboro.

Oh iya, perjalanan dari Jakarta menuju Jogjakarta dan Solo adalah dengan menggunakankereta api Argo Lawu. Sementara di lokasi Solo dan Jogja menggunakan mobil bus pariwisata. Kunjungan hari kedua dilakukan di Keraton Jogjakarta, membatik di desa wisata Penting Sari, Argowisata Sabilla Farm dan Museum Merapi. Adapun kunjungan terakhir dillakukan di pusat pembuatan Bakpia, sebagai oleh-oleh khas Jogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar