Minggu, 24 Juni 2012

ULANGAN KENAIKAN KELAS STASIUN AKHIR PERJALANAN SUATU KELAS


 
Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) dapat dianggap sebagai sebuah stasiun akhir perjalanan sebuah kelas. Setelah melewati perjalanan panjang selama satu tahun dan melewati stasiun-stasiun kecil akhirnya gerbong kelas menuju stasiun akhir tersebut. Stasiun-stasiun kecil tersebut meliputi Stasiun Ulangan Harian, Stasiun Tugas, Stasiun Ulangan Tengah Semester, Stasiun Unjuk Kompetensi dan Stasiun Performance Test. Memasuki stasiun akhir tentunya siswa harus lebih mempersiapkan dengan baik dibanding dengan stasiun yang lainnya. Karena stasiun tersebut sangat menentukan apakah siswa akan dapat melanjutkan di perjalanan lain yang lebih menantang dan menyenangkan ataukah siswa akan duduk di gerbong sama dan mengulang perjalanan yang sama selama satu tahun.

Saat UKK dipersiapkan dan dibawalah semua bekal dan barang bawaan, jika pada saat melewati stasiun akhir tersebut siswa memilki kesiapan dan kelengkapan pengetahuan maka ia pun akan mudah dalam mengikuti petugas check point di stasiun tersebut, sehingga siswa akan dapat lolos dan dapat mengikuti perjalanan berikutnya. Sebaliknya siswa yang belum siap dan tidak mampu menunjukkan performa yang memenuhi check point maka siswa akan tetap tinggal di stasiun tersebut untuk mengulangi perjalanan yang sama.

Ulangan Kenaikan Kelas yang diselenggarakan oleh sekolah pada 11-15 Juni 2012 telah dirancang dan dipersiapkan dengan baik dan matang oleh panitia. Satu setengah bulan sebelumnya sekolah sudah membagi surat tugas kepada guru-guru untuk mempersiapkan soal sebagai check point akhir perjalanan sebuah mata pelajaran. Panitia pun dibentuk untuk mengorganisasikan pelaksanaan UKK agar dapat berjalan baik dan tertib serta lancar. Penyusunan jadwal pelajaran dan pengawas adalah hal pertama yang dilakukan panitia, selanjutnya pengaturan ruang ulangan, dilengkapi pembagian siswa serta kartu tes untuk setiap siswa. Pengecekan naskah soal yang telah disusun oleh guru adalah hal yang tidak kalah penting untuk dapat mengukur dengan tepat aspek dan materiyang diujikan sehingga soal tidak bias dan memiliki keakuratan jawaban (tidak ada yang dianulir). Penggandaan dan penjilidan serta pengepakan soal adalah hal yang strategis, jangan sampai terjadi soal yang tercecer atau bocor. Wakil bidang akademik sangat bertanggung jawab untuk mengawal semua kegiatan di atas.

Saat pelaksanaan siswa dipastikan mengetahui ruangan yang akan dijadikan tempat tes, demikian pula dengan para pengawas guru. Suasana UKK yang tertib, nyaman dan terkondisi dengan baik akan menciptakan suasana tes yang nyaman sehingga memungkinkan siswa dapat mengerjakan soal secara optimal. Faktor kejujuran dan kepercayaan diri sangat didorong sehingga tidak ada toleransi bagi peserta yang akan berbuat tidak terpuji. Dengan demikian diharapkan siswa dapat mengerjakan dengan baik dan dapat menghasilkan prestasi membanggakan yaitu naik kelas seratus persen, Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar