Selasa, 17 Juni 2014

MENJADI INSTRUKTUR NASIONAL KURIKULUM 2013

Satu pengalaman dan amanah baru bagi saya menjadi Instruktur Nasional Kurikulum 2013. Setelah dinyatakan lulus mengikuti pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013, yang diikuti beberapa waktu lalu di P4TK Bispar Depok Jawa Barat. Tugas ini diberikan langsung oleh Kementrian melalui P4TK Bispar dan Dinas Pendidikan Kota Bekasi.Melalui Surat Tugas nomor 800/1733-Dik.I tanggal 30 Mei 2014 ditugaskan kepada empat belas kepala sekolah SMP di kota Bekasi untuk menjadi nara sumber pada Workshop Implementasi Kurikulum 2013.
 
Gambar: Pembukaan yang dihadiri oleh Kabid Dikdas Kota Bekasi
Saya bersama bapak Rudi Winarso, dan panitia dari P4TK Bispar Bapak Drs. Narta, M. Pd. mendapat tugas sebagai nara sumber dan panitia di SMP N 6 Kota Bekasi dengan peserta sebanyak 32 Kepala Sekolah dari Sub Rayon 04 dan Sub rayon 03. Ada empat materi yang harus disampaikan dalam pelatihan tersebut antara lain:
1. Manajemen Kepemimpinan Sekolah yang meliputi: Manajemen Perubahan, Budaya Sekolah dan Kepemimpinan Pembelajaran
2.  Manajemen Implementasi Kurikulum
3. Supervisi Akademik
4. Kepramukaan
Gambar: Nara sumber berfoto dengan Ibu-Ibu Kepala Sekolah
Gambar : Gambar: Nara sumber berfoto dengan Bapak-bapak Kepala Sekolah
Pendekatan yang dilakukan adalah dengan pendekatan andragogie, nara sumber lebih hanya sebagai fasilitator. Metode yang dilakukan dengan metode Saintifik seperti yang diamanatkan oleh Kurikulum 2013. Peserta lebih banyak aktif baik dalam bekerja kelompok maupun kerja mandiri karena ada sedikitnya 17 Lembar Kerja yang harus diselesaikan oleh setiap peserta dan kelompok. Setiap hasil diskusi atau kerja kelompok, peserta mempresentasikan hasilnya di depan peserta lain dan peserta lain pun menanggapi paparan dari kelompok penyaji. Agar lebih seru dalam workshop ini, peserta memiliki yel-yel kelompok yang dibauat untuk menyemangati kelompoknya masing-masing. Adapun yel-yel kelasnya adalah: "Kurikulum 2013..... Yes, Yes, Oke!" serta semboyan bersama untuk penyemangat dari nara sumber yaitu "Satu lulus, semua lulus" dan "Masuk Bareng Lulus bareng".
Gambar: Foto Bersma sebelum berpisah dengan nara sumber
Alhamdulillah setelah acara dari hari pertama yang dibuka resmi oleh Bapak Drs. Ujang Tedy M.Pd. selaku Kabid Dikdas Kota Bekasi dan pre tes, serta diakhiri dengan pos tes, maka dari 32 peserta dinyatakan lulus 100% dengan 9 peserta berkatagori Amat Baik dan 23 peserta berkatagoro Baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar