Sabtu, 26 Oktober 2013

PERSIAPAN AKREDITASI

Akreditasi bagi sebuah sekolah merupakan hal yang penting, karena dengan diakreditasi berarti sekolah secara mutu dan kelembagaan telah diakui oleh badan resmi yang telah ditunjuk oleh pemerintah yaitu Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah. Implikasi dari terakreditasi sekolah sangat banyak, seperti kepercayaan masyarakat terhadap sekolah yang meningkat, pelaksanaan pendidikan yang lebih baik dan bermutu serta kemampuan sekolah untuk menyelenggarakan Ujian secara mandiri telah diakui.


Gambar: Pembinaan kepada guru dan kepala sekolah oleh pengawas
Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.
lingkup administrasi secara umum ada 8 aspek sesuai dengan lingkup SNP meliputi:
  1. standar isi;
  2. standar proses;
  3. standar kompetensi lulusan;
  4. standar pendidik dan tenaga kependidikan;
  5. standar sarana dan prasarana;
  6. standar pengelolaan;
  7. standar pembiayaan; dan
  8. standar penilaian pendidikan.


Gambar: Salah satu sudut ruang akreditasi

Gambar: Sekretariat akreditasi

Gambar: Lemari penyimpan dokumen akreditasi
SMP Labschool Cibubur pada saat ini tengah menyiapkan pelaksanaan akreditasi, sehingga dengan demikian penyiapan dan penataan dokumen intensif dilakukan disamping pembinaan secara rutin baik secara internal oleh BPS Labschool maupun oleh pengawas pembina. Simulasi akreditasi oleh kepala sekolah dan pengawas pun telah dilakukan tinggal menunggu waktu pelaksanaan.

Harapan sekolah adalah pelaksanaan akreditasi dapat berjalan dengan baik dan lancar serta memperoleh hasil yang memuaskan. Sebelum pelaksanaan akreditasi biasanya akan dilakukan pelatihan atau  pembinaan dari Dinas Pendidikan dan atau BAS/M agar pelaksanaan dapat berjalan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar