Senin, 04 Maret 2013

Siap Menghadapi Ujian

Menghadapi Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah bagi siswa kelas akhir seperti kelas 6, 9 dan 12 adalah hal yang pasti. Oleh karena itu kesiapan baik menyangkut fisik dak akademik memang diperlukan. Belajar yang serius dan tekun diimbangi dengan istirahat yang seimbang akan membantu siswa dalam kondisi prima. Tentunya tidak ketinggalan nutrisi yang cukup dan doa kepada Allah Yang Maha Esa.

Menguasai konsep materi yang diujikan dan tipikal soal yang ada di Ujian dengan memperhatikan panduan kisi-kisi Ujian yang telah diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan langkah bijak dan bermanfaat. Karena biasanya soal yang keluar dalam Ujian tidaklah jauh dari panduan yang telah dikeluarkan oleh kementrian. Tinggallah bagi siswa berlatih dan mengasah ketajaman analisa, sehingga mampu menjawab dan mengerjakan soal UN maupun US dengan baik dan tenang. Pada akhirnya prestasi gemilang dapat tercapai.
 
Peran guru dan orang tua turut mendukung dalam memberikan motivasi dan kepercayaan diri yang tinggi kepada siswa. Pemberian kepercayaan dan keyakinan bahwa siswa dapat melaksanakan ujian dengan baik adalah hal yang penting pula. Pemberian target yang memberatkan bagi siswa perlu dihindari, dan akan lebih baik lagi apabila target-target yang dikehendaki muncul dari diri siswa sendiri. Biarlah guru memiliki target sendiri dan demikian pula dengan siswa. Namun akan lebih baik lagi apabila tercipta komunikasi antara guru dan siswa dalam mencapai target tersebut.
 
Semoga Allah memberikan kemudahan bagi siswa kelas 6, 9 dan 12 yang akan menghadapi Ujian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar