Sabtu, 21 Desember 2013

PARENT TEACHING

Guru mengajar di kelas, adalah bukan hal yang aneh dan luar biasa, karena memang tugas guru adalah mendidik dan mengajar siswa di kelas atau di luar kelas. Namun orang tua mengajar di kelas anak-anaknya, ini adalah hal yang luar biasa dan jarang terjadi di sekolah-sekolah pada umumnya. 
Peristiwa orang tua mengajar atau Parent Teaching inilah yang kemarin terjadi di SMP Labschool Cibubur. Ada tigapuluhan orang tua yang menjadi guru di kelas-kelas 7 sampai 9. Setidaknya dua orang tua secara bergiliran masuk ke kelas dengan sesi antara satu setengah hingga dua jam. Apa gerangan yang diajarkan mereka di kelas? Ternyata mereka mengajarkan sesuatu yang di luar kurikulum namun sangat bermakna dalam kontek pendidikan secara umum. Ya, mereka mengajar dan bercerita mengenai Karier atau Profesi yang ditekuninya dari mulai cara meraih karier tersebut sampai dengan hal-hal yang dilakukan sebagai konsekuensi tersebut.
































Gambar : Rangkaian Parent Teaching yang diakhiri dengan Foto Bersama di bawah Banner
Pada hari itu tepatnya Selasa, 17 Desember 2013 beberapa latar profesi hadir di kelas, antara lain: Pilot Pesawat Tempur, Arsitek, Dokter Spesialis Anastesi, Bankir, Insinyur, Developer, Marketing, Ahli pembuat Aneka Clay, ahli Geologi/ Pertanahan, Dosen, Programmer, pejabat di pemerintahan, dan masih banyak lagi profesi yang sangat mencerahkan.
Secara umum para orang tua merasa bangga dan senang dapat berbagi ilmu dan pengetahuannya secara langsung kepada anak-anak di kelas. Bahkan mereka merasa salut atas antusias dan perhatian siswa mengikuti kegiatan tersebut. Para siswa pun merasa senang karena pada hari itu mendapatkan pengalaman yang luar biasa.
Sebagai apresiasi dan penghargaan kepada orang tua yang telah bersedia menjadi guru, sekolah memberikan Piagam Penghargaan dan Plakat sebagai tanda cinta dan terima kasih. Beberpa orang tua pun memberikan cindera mata kepada sekolah seperti: Replika Pesawat Sukhoi, Boneka Clay bertuliskan Labschool dan lain sebaginya. Kegiatan ini dapat berjalan lancar karena didukung sepenuhnya oleh OSIS/ MPK serta POMG, khususnya Seksi Pendidikan yang telah menjadikan Parent Teaching sebagai salah satu programnya. Selamat dan sukses untuk Orang tua, Siswa dan Panitia Parent Teaching.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar