Minggu, 06 Mei 2012

Kaderisasi Siswa Teladan Mandiri Indonesia (KSATRIA)


Ksatria merupakan wadah baru bagi siswa-siswi SMP Labschool Cibubur yang ingin mendapatkan pembekalan kepemimpinan dan keorganisasian. Kegiatan yang dirancang selama dua hari ini banyak memberikan wawasan mengenai keorganisasian dan kebermanfaatannya dalam kehidupan. Oleh karena itu, tidak salah kalau kegiatan ini dijadikan sebagai persyaratan bagi siswa-siswi SMP Labschool Cibubur yang akan menjadi pengurus OSIS dan MPK. Kegiatan yang dirancang mirip dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) mengambil setting tempat di sekolah dilaksanakan pada akhir pekan yaitu hari Jumat dan Sabtu, 4-5 Mei 2012.

Gambar : Pa Arief sedang menyampaikan materi
Sebanyak 151 siswa turut mengambil bagian dalam Ksatria dari jumlah 169 seluruh siswa kelas 7 di SMP Labschool Cibubur. Semenjak hari pertama sampai dengan terakhir seluruh peserta menikmati dengan antusias seluruh mata acara yang diramu oleh panitia pelaksana. Selain menu yang sudah dirancang matang, pembicara yang hadir dalam Ksatria ini-pun orang-orang yang mumpuni dan sangat piawai dalam menyampaikan.
Gambar : Ibu Indira menyampaikan materi Self Esteem
Sedikitnya ada enam pembicara utama dalam kegiatan ini yang memberikan materi sesuai dengan kapabilitas. Sesi pertama diisi oleh Ibu Indira Sunito, M.Psi. yang menyampaikan Self Esteem . Materi memuat mengenai pentingnya memiliki kepercayaan diri dalam menjadi pribadi yang mampu berinteraksi secara sehat dengan lingkungan dan sesama. Sesi kedua yag tidak kalah menarik adalah Public Speaking materi ini disampaikan oleh seorang publik figur muda yang telah aktif dalam dunia keorganisasian sejak usia Sekolah Dasar, ia adalah Leo Mokodompit, M.Sc. yang tercatat pernah menjuarai dalam kontes Akademi fantasi Indonesia (AFI) sebagai juara ketiga. Keseharian Leo adalah sebagai Youth Desk Section di kantor Komite Nasional Indonesia Untuk Unesco yang diketuai oleh Bapak Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd.  Sesi ketiga diisi oleh Bapak Drs. Masribi dari Pengembang Labschool yang menyampaikan pentingnya kepemimpinan atau Leadership dalam sebuah organisasi. Pemimpin yang mampu menggerakkan dan mengarahkan orang yang dipimpinnya sangat penting dalam rangka menciptakan orhganisasi yang berkualitas. Karena sebagian besar keberhasilan organisasi ditentukan oleh faktor pemimpin.

Gambar: Mas Leo Mokodampit menyampaikan Public Speaking

Hari kedua kegiatan Ksatria pada sesi pertama diisi oleh bapak Drs. Uswadin, M.Pd. selaku kepala SMP Labschool Cibubur yang menguraikan tentang pentingnya Manajemen Organisasi. Organisasi akan berjalan menuju dengan baik apabila dikelola dengan secara baik efektif dan efisien, disini pentingnya implementasi manajemen dalam sebuah organisasi dari mulai merencankan program sampai dengan mengontrol dan mengevaluasinya. Selanjutnya pada sesi kedua diisi dengan materi Problem Solving, disampaikan oleh bapak Drs. Ukim Komarudin, M.Pd. seorang yang aktif menulis beberapa buku disamping kesibukannya sebagai Kepala Sekolah di SMP Labschool Kebayoran. Materi problem solving sebagai bekal dalam mengahadapi masalah atau problem dalam keorganisasian. Materi yang sangat menarik adalah pada sesi ketiga yang diisi oleh pakar pendidikan Indonesia, Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. yang menyampaikan materi Menjadi Pemimpin yang berkarakter Kebangsaan. Materi yang disampaikan secara khas dan menarik oleh Pa Arief membuat anak-anak semangat dalam mengikutinya.

Gambar : Peserta Ksatria sedang Out Bond Kerjasama dalam Organisasi

Acara pamungkas untuk membentuk Tim Building diberikan melalui wahan Out Bond low impact yang melatih kebersamaan, kepemimpinan, kerjasama dan menjaga amanah kepemimpinan melalui game-game yang seru dan menggembirakan. Akhirnya kegiatan ditutup dengan memilih dua peserta terbaik yang menginspirasi teman-temannya dalam sukses berorganisasi. Semoga Ksatria dapt melahirkan pemimpin masa depan yang berkualitas di masa mendatang, Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar