I.
PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT
1.
Hak asasi
adalah hak pokok anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia yang dimiliki
manusia sejak lahir, oleh karena itu .....
a.
Setiap
manusia harus merampasnya dari orang lain
b.
Setiap
manusia wajib menghormati dan menghargainya
c.
Negara
dapat merampasnya dengan berdasar undang-undang
d.
Negara
dapat melindungi kepada warga negara tertentu saja.
2. Perjuangan manusia dalam menegakkan hak asasi
sebenarnya sudah dimulai pada jaman nabi-nabi terdahulu, seperti kisah
pertikaian kakak dan adik yang akhirnya salah satu meninggal, yaitu pada
masa.... .
a. Nabi Musa
b. Nabi Ibrahim
c. Nabi Isa
d.
Nabi Adam
3.
Pasal 31 ayat 1 UUD 1945 jika dihubungksn dengan enam bidang hak asasi
manusia termasuk dalam hak….
a. procedural right
b. social and cultural right
c. Right of Legal Equality
d. Personal right
4. Salah satu contoh hak dalam bidang ekonomi adalah
tersebut di bawah ini ....
a. menjadi pejabat publik/ duduk di
pemerintahan
b. memiliki sesuatu dan atau mengadakan
kontrak
c. mendapat pendidikan yang layak
d. mendirikan organisasi / perserikatan
5. Sedangkan yang termasuk dalam Personal Right adalah
.a. menjual dan membeli sesuatu di pasar
tradisional
b. mendapat pembelaan hukum dalam
persidangan di pengadilan
c. mendapat pendidikan yang layak bagi
kemanusiaan
d. beragama dan melakukan ibadah sesuai
agamanya
6.
Negara yang menghormati HAM maka dalam perundangannya harus memiliki
instrumen nasional HAM, salah satu instrumen HAM produk MPR adalah.....
a.
Tap MPR nomor VII/MPR/ 1983
b. Tap MPR nomor X/ MPR/ 1988
c.
Tap MPR nomor XVII/ MPR/ 1998
d. Tap MPR nomor XIX/MPR/ 1999
7.
Pembukaan UUD 1945 sebagai Instrumen nasional HAM Indonesia menyatakan
bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, oleh karena itu
sikap bangsa Indonesia adalah......
a. ikut aktif dalam membantu perjuangan bangsa yang ingin merdeka
b. ikut aktif dalam menyukseskan olimpiade
c. membantu negara
lain yang membutuhkan
d. menjaga kerjasama dengan negara-negara lain
8.
Magna Charta adalah Piagam hasil perjuangan bangsawan yang bertujuan untuk membatasi
kekuasaan raja lahir di....
a. India pada tahun 1025 c.
Inggris pada tahun 1215
b. India pada tahun 1125 d.
Inggris pada tahun 1225
9.
Negara kita telah menetapkan UU tentang HAM yaitu ….
a. UU no. 39/99 c. UU no. 99/99
b. UU no. 49/99 d.
UU no. 2/2002
10.
UDHR ditetapkan oleh Majelis Umum PBB, dan sejak saat itu diperingati sebagai
hari Hak asasi Manusia pada tanggal.
a.
10 Oktober
b.
10
Nopember
c.
10
Desember
d.
30
Desember
11.
Tahun
1789 di Perancis terjadi suatu revolusi yang menandai perjuangan HAM warga
Perancis dengan semboyan yang terkenal Liberty, egality dan fraternity yang
artinya
a.
kemerdekaan,
persamaan dan persaudaraan
b.
persamaan, kemerdekaan, dan persaudaraan
c.
persaudaraan,
kemerdekaan dan persamaan
d.
kemerdekaan,
persaudaraan dan persamaan
12.
Yang
termasuk dalam hak-hak warga negara menurut UUD 1945 adalah tersebut di bawah
ini, kecuali....
a.
mendapatkan
pengajaran
b.
hidup
layak
c.
menjunjung
tinggi hukum
d.
beribadah
menurut agamanya
13.
Hak
asasi yang kita miliki tidak dapat dilaksanakan secara sebebas-bebasnya sebab
hak asasi dibatasi oleh hal-hal di bawah ini, antara lain....
a.
peraturan
hukum/ perundangan yang ada
b.
kewajiban
orang lain kepada kita
c.
hak
kita kepada orang lain
d.
kehendak
kita sebagai manusia biasa
14.
Dalam
pelaksanaan hak dan kewajiban kita sehari-hari maka sikap yang terbaik
adalah.....
a.
mendahulukan
hak dari pada kewajiban
b.
melalaikan
kewajiban dan menunaikan hak
c.
mengutamakan
kewajiban daripada hak
d.
senantiasa
memperjuangkan hak-hak kita
15.
Ratifikasi
dari konvensi internasional tentang HAM menjadi salah satu produk
hukum/instrumen HAM nasional yang dituangkan dalam bentuk ....
a.
UUD
1945
b.
Undang-undang
c.
Peraturan
Pemerintah
d.
Keputusan
Presiden
16.
Komnas
HAM di Indonesia didirikan dengan tujuan ....
a.
agar
negara kita dianggap sebagai negara yang menjamin HAM
b.
mengadakan
pengkajian dan penelitian tentang HAM
c.
meningkatkan
perlindungan dan penegakan HAM di Indonesia
d.
agar
Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain
17.
Sikap
yang menunjukkan menghormati dan menjunjung tinggi HAM adalah ....
a.
senantiasa
melakukan kritikan tajam kepada pemerintah
b.
tidak
melakukan perbuatan main hakim sendiri
c.
mengembangkan
sikap diskriminasi terhadap orang lain
d.
melakukan
perbuatan yang menguntungkan pribadinya
18.
Pengadilan
HAM dibentuk untuk mengadili pelanggaran HAM sesuai dengan UU
a.
UU
nomor 20 tahun 2000
b.
UU
nomor 22 tahun 2000
c.
UU
nomor 26 tahun 2000
d.
UU
nomor 20 tahun 2002
19.
Pengadilan
HAM tidak berwenang mengadili pelanggaran HAM yang dilakukan oleh seseorang
yang berumur di bawah ....
a.
16 c. 18
b.
17 d. 19
20.
Contoh
kasus pelanggran HAM yang terjadi di Indonesia yang terjadi sebelum adanya UU
HAM tersebut di bawah ini....
a.
Teror
bom di Legian Kuta Bali
b.
Kasus
kematian Aktivis Munir
c.
Kasus
teror bom di JW Marriot
d.
Kasus
Tanjung Priok 1984
21.
Kasus
yang tidak dapat dimasukkan dalam pelanggaran HAM adalah sebagai berikut....
a.
Pembunuhan
besar-besaran ( genoside )
b.
Rasialisme
atau pembedaan atas nama ras
c.
Pemerintahan
yang diktator dan absolut
d.
Melakukan
demonstrasi di depan umum
22.
Jaminan
kemerdekaan berpendapat menurut UDHR dicantumkan dalam pasal....
a.
17 c. 19
b.
18 d. 28
23.
Jaminan
kemerdekaan berpendapat dalam UUD 1945 sebelum amandemen disebutkan dalam
pasal....
a.
27 c. 29
b.
28 d. 30
24.
Dalam
menyampaikan pendapat, maka hal yang harus dihindari adalah sebagai berikut
a.
memperhatikan
persatuan dan kesatuan
b.
menghormati
hak-hak orang lain
c.
mengganggu
kepentingan umum
d.
tidak
melanggar hukum yang ada
25.
Partisipasi
warga negara dalam pelaksanaan pembangunan dapat diwujudkan dalam sikap sebagai
berikut, kecuali...
a.
membayar
pajak sesuai ketentuan
b.
mematuhi
peraturan jika ada petugas
c.
bekerja
giat sesuai tugasnya masing-masing
d.
ikut
menjaga keamanan lingkungan
26.
Penyampaian
pendapat yang dibenarkan oleh UU adalah penyampaian pendapat yang....
a.
dilakukan
dengan memngerahkan massa yang sebanyak-banyaknya
b.
dilakukan
pada hari-hari besar keagamaan
c.
dilakukan
di tempat –tempat strategis, seperti bandara
d.
dilakukan
dengan tidak menimbulkan perpecahan antar suku
27.
Pengertian
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat berarti.....
a.
menghormati
hak-hak dan kebebasan orang lain
b.
menghormati
kepentingan diri dan kerabatnya
c.
mengabaikan
persatuan dan kesatuan
d.
mengutamakan
kepentingan kelompoknya
28.
Cara
menyampaikan pendapat jika dilihat dari bentuknya adalah secara tertulis dan
tidak tertulis, contoh yang tidak tertulis.....
a.
melalui
SMS
b.
melalui
unjuk rasa atau demo
c.
melalui
surat pembaca
d.
melalui
dialog langsung
29.
Pertemuan
terbuka yang dilakukan untuk menyampaikan pendapat dengan tema tertentu
adalah.....
a.
Pawai c.
Rapat umum
b.
unjuk
rasa d.
Mimbar bebas
30.
Asas
menyampaikan pendapat yang harus diperhatikan agar apa yang disampaikan
memiliki daya guna tinggi adalah...
a.
asas
keseimbangan c.
Asas manfaat
b.
asas
proporsionalitas d.
Asas kepastian hukum
31.
Petugas
tempat menyampaikan laporan / ijin sebelum dilakukan demo / unjuk rasa
adalah....
a.
Kepolisian
b.
TNI
c.
Gubernur
d.
Bupati
32.
Ijin
sebagaimana tersebut pada nomor 31 dilakukan minimal ..... sebelum pelaksanaan
a.
1 X
24 jam
b.
2 X
24 jam
c.
3 X
24 jam
d.
4 X
24 jam
33.
Tempat
yang boleh dilakukan unjuk demonstrasi / unjuk rasa adalah
a.
lapangan
terbuka
b.
tempat
ibadah
c.
terminal
bus
d.
rumah
sakit
34.
Kemerdekaan
menyampaikan pendapat merupakan salah satu hak asasi manusia, oleh karena
itu....
a.
setiap
orang harus berpendapat
b.
tidak
boleh diatur perundangan
c.
dilaksanakan
dengan baik dan tanggungjawab
d.
tidak
boleh dibatasi oleh siapapun
35.
Undang-undang
yang mengatur kemerdekaan berpendapat adalah .....
a. UU
Nomor 3/96
b. UU
Nomor 9/96
c. UU Nomor 9/98
d. UU Nomor 9/99
36. Kegiatan
yang dilakukan oleh seorang atau beberapa orang yang dilakukan secara
demonstratif dalam rangka penyampaian pendapat adalah….
a.
Pawai c.
Rapat umum
b.
unjuk
rasa d.
Mimbar bebas
37.
Produk
hukum yang mengatur kebebasan berpendapat berupa UU ditetapkan oleh….
a.
Presiden
b.
DPR
c.
DPR
dan Presiden
d.
Presiden
dan MPR
38.
Perwujudan
penyampaian pendapat siswa dalam lingkungan di sekolah adalah sebagai berikut
.....
a.
ikut
menentukan kepala sekolah yang akan memimpin sekolah
b.
menentukan
guru pengajar tertentu di kelasnya
c.
ikut
memilih ketua kelas
d.
menjadi
donatur dalam kegiatan amal di sekolah
39.
Yang
tidak boleh dilakukan dalam penyampaian pendapat oleh siswa di sekolah adalah
.....
a.
tidak
menyakiti perasaan siswa lain
b.
dilakukan
secara objektif dan terbuka
c.
menghormati
tata tertib sekolah
d.
melibatkan
pihak dari luar sekolah
40.
Kewajiban
aparatur negara dalam menjamin pelaksanaan hak berpendapat adalah ....
a.
melindungi
hak asasi dirinya
b.
menghargai
asas legalitas
c.
mudah
menyalahkan orang lain
d.
menyelenggarakan
pengamanan seketat-ketatnya.
41.
Penyampaian
pendapat yang dilakukan secara tertulis dapat dilakukan melalui media massa
dalam bentuk tersebut di bawah ini, kecuali ….
a. surat pembaca
b. kolom opini
c. kolom artikel
d. wawancara tokoh/ pakar
42.
Pembatalan
terhadap suatu kegiatan penyampaian pendapat dapat dilakukan dengan
pemberitahuan kepada petugas minimal......
a.
1 X
24 jam
b.
2 X
24 jam
c.
3 X
24 jam
d.
4 X
24 jam
43.
Tempat
ibadah merupakan salah satu tempat yang dilarang untuk melakukan kegiatan unjuk
rasa atau demonstrasi dalam penyampaian pendapat, hal ini dikarenakan.....
a.
dapat
meningkatkan kebencian terhadap agama
b. dapat mengganggu kekhususan seseorang
dalam beribadah
c. dapat bertentangan dengan ajaran agama
d. dapat membahayakan masyarakat.
44.
dalam
penyampaian pendapat di muka umum, maka harus ada penanggungjawab minimal 1
orang apabila jumlahnya lebih dari ....
a.
25
b. 50
c. 100
d. 200
45.
Seseorang
yang dalam menyampaikan pendapatnya tidak dapat diterima oleh orang/ pihak lain
maka sebaiknya.....
a.
memaksakan
agar pendapatnya dapat diterima
b. melakukan aksi anarkhis agar mendapat
perhatian
c. berlapang dada dan memperbaiki cara
penyampaiannnya
d. mengajak orang lain untuk berdemo secara
besar-besaran
46.
Wadah
yang tepat untuk penyampaian pendapat bagi para siswa di sekolah dapat
dilakukan melalui wadah berikut ini, kecuali ....
a.
OSIS
b. PRAMUKA
c. MAJALAH SISWA/ GEMA
d. POMG/ KOMITE
47.
Kehendak
rakyat dalam negara dapat disalurkan dengan baik melalui mekanisme demokrasi
melalui .....
a.
PEMILU
b. PAWAI AKBAR
c. DEMONSTRASI
d. DIALOG
48.
Hak
untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak dalam UUD 1945 telah
dijamin dalam pasal.....
a.
27
ayat 1
b. 27 ayat 2
c. 28
d. 29 ayat 2
49.
Negara
demokrasi memiliki beberapa ciri umum diantaranya hal-hal di bawah ini, kecuali
.....
a.
adanya
kebebasan pers
b. adanya partai-partai politik
c. adanya jaminanan hak asasi manusia
d. adanya diskriminasi terhadap warga negara
50.
Lembaag
negara yang bertugas / memiliki tugas pokok untuk menyampaikan atau menyalurkan
aspirasi/ kehendak rakyat adalah ....
a.
MA
b. BPK
c. DPR
d. KPK
Minta kunci jawabannya dong, gak yaikin jawabannya.. Thnx :D
BalasHapusmakasih yya,,ini sgt membantu untuk bljar...
BalasHapus