Rabu, 18 September 2019

SOAL PPKn tentang UUD 1945

Soal-soal PPKn untuk siswa kelas 8 SMP Labschool.


I.      Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1.    Perjuangan pergerakan kebangsaan Indonesia telah sampai kepada Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur, hal ini dinyatakan dalam....
a.     Alinea 1 pembukaan UUD 1945
b.     Alinea 2 pembukaan UUD 1945
c.     Alinea 3 pembukaan UUD 1945
d.     Alinea 4 pembukaan UUD 1945

2.     Kedudukan UUD 1945 bagi bangsa dan negara Indonesia tersebut di bawah ini, kecuali....
a.     Sebagai hukum dasar tertulis
b.     Sebagai alat kontrol
c.     Sebagai norma hukum yang mengikat
d.     Sebagai norma kesopanan yang mengikat

3.     Kata konstitusi berasal dari kata constituer yang berarti membentuk, berasal dari bahasa...
a.     Jepang
b.     Amerika
c.     Inggris
d.     Perancis

4.     Pengertian konstitusi adalah kumpulan prinsip/asas yang mendasari kekuasaan pemerintah, hak-hak masyarakat, serta hubungan keduanya, menurut pendapat....
a.     C.F. Strong
b.     K.C. Wheare
c.     Richard S. Kay
d.     Herman Heller

5.     Aturan-aturan dapat disebut sebagai konvensi apabila memenuhi syarat tersebut, kecuali....
a.     Aturan dasar
b.     Timbul dan terpelihara
c.     Dalam bentuk tertulis
d.     Dalam praktek kenegaraan

6.     Sifat kaku/ rigid dari Undang-undang Dasar memiliki arti...
a.     bahwa UUD sulit/ tidak mudah untuk dirubah
b.     bahwa UUD mudah menyesuaikan perubahan jaman
c.     bahwa UUD memuat aturan pokok
d.     bahwa UUD memuat aturan tertulis

7.     Perubahan UUD 1945 hanya dapat dilakukan oleh lembaga...
a.     Dewan Perwakilan Rakyat
b.     Dewan Perwakilan Daerah
c.     Majelis Permusyawaratan Rakyat
d.     Majelis Perwalian Rakyat

8.     Aturan-aturan dasar/ ketentuan-ketentuan dasar yang menjadi sumber peraturan di bawahnya disebut dengan...
a.     Undang-undang
b.     Peraturan Perundangan
c.     UUD
d.     Peraturan hukum

9.     Tentang tujuan negara dan dasar negara Indonesia merdeka terdapat dalam....
a.     Alinea 1 pembukaan UUD 1945
b.     Alinea 2 pembukaan UUD 1945
c.     Alinea 3 pembukaan UUD 1945
d.     Alinea 4 pembukaan UUD 1945

10.   Pernyataan yang benar tentang isi pembukaan UUD 1945 tersebut di bawah ini, kecuali...
a.     Pembukaan merupakan pernyataan lengkap dari proklamasi
b.     Pembukaan bersifat universal dan lestari
c.     Pembukaan mengandung cita-cita luhur bangsa
d.     Kemerdekaan adalah hak bangsa Indonesia saja dan penjajahan di Indonesia harus dihapuskan.

11.   Konvensi adalah hukum dasar yang tidak tertulis, dalam kehidupan masyarakat hukum/ hal tersebut dikenal dengan....
a.     Adat kebiasaan/ tradisi
b.     Sopan santun/ tata krama
c.     Kebudayaan/ kesenian daerah
d.     Petuah/ nasihat tokoh adat

12.   Tentang perubahan UUD 1945 atau amandemen telah terjadi sebanyak empat kali di masa Reformasi, berikut akibat perubahan dari UUD 1945...
a.     Adanya perubahan dalam pembukaan
b.     Presiden dan Wapres dipilih secara tidak langsung
c.     Adanya penambahan bab dan pasal UUD
d.     Adanya bagian penjelasan dalam UUD

13.   Makna pembukaan UUD 1945 adalah di bawah ini, kecuali....
a.     merupakan sumber motivasi dan perjuangan
b.     merupakan tekad bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan nasional.
c.     merupakan sumber cita hukum dan moral yang ingin ditegakkan
d.     merupakan konvensi bangsa Indonesia

14.   Bahwa pembukaan UUD 1945 adalah berlaku untuk bangsa lain juga di dunia ini berarti mengandung nilai....
a.     Universal
b.     lestari
c.     tidak berubah
d.     permanen

15.   Undang-Undang Dasar 1945 memiliki sejarah panjang pembentukannya melalui rapat BPUPKI dan PPKI, UUD 1945 ditetapkan sebagai UUD pada tanggal....
a.     17 Agustus 1945
b.     18 Agustus 1945
c.     19 Agustus 1945
d.     20 Agustus 1945

II.     Jodohkan dengan jawaban di bawah!
1.     Hukum dasar
2.     Amandemen
3.     Konstitusi tertulis
4.     MPR
5.     Tujuan Negara
6.     Batang Tubuh
7.     Pembukaan UUD 1945
8.     Fleksibel
9.     UUD 1945
10.   37 Pasal

A.     Penjabaran dari Pembukaan UUD
B.     Perubahan UUD
C.     Dapat mengikuti perkembangan jaman
D.    Di alinea 4 Pembukaan UUD 1945
E.     Jumlah sebelum amandemen
F.     UUD
G.    Konstitusi
H.    Anggotanya DPR dan DPD
I.      Tidak pernah dirubah/ diamandemen
J.      Ditetapkan oleh PPKI


III. Jawablah dengan singkat!
1. Mengapa pembukaan UUD 1945 tidak dirubah oleh MPR?
2. Tuliskan dan jelaskan 4 sifat UUD 1945.
3. Tuliskan isi pembukaan UUD 1945 dengan lengkap dan benar.
4. Tuliskan pokok pikiran pembukaan UUD 1945.
5. Tuliskan sedikitnya 4 perbedaan isi UUD 1945 sebelum dan sesudah di amandemen!


Catatan:
Sebagai bagian dari proses belajar yaitu membaca dan menulis, maka silakan soal disalin dengan ditulis di kertas dan dijawab dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat


1 komentar:

  1. Nama saya: Etin supriatin
    Negara: Indonesia
    Pinjaman yang disetujui: Rp450.000.000 bank: bri bank
    email: (supriatinetin123@gmail.com)

    Halo semuanya, nama saya ETIN SUPRIATIN
    Saya ingin membagikan kesaksian yang luar biasa ini
    bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY ketika kami diusir dari rumah kami ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi karena covid19 patah hati,
    Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan secara online dan pinjamannya ditolak oleh bank saya dan beberapa credit union lain i
    dikunjungi. Sampai suatu hari saya berjalan dengan malu-malu
    seorang teman sekolah lama yang memperkenalkan saya pada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap mengambil risiko apa pun lagi
    untuk mengajukan pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir bahwa saya akan menerima pinjaman dari mereka. Seketika berpikir,
    karena tunawisma saya, saya mengikuti uji coba dan mengajukan pinjaman, untungnya disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman Rp450.000,00 dari
    {belindachristopherloancompany@gmail.com}. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. Saya dan keluarga saya sekarang bahagia sekarang saya memiliki rumah dan bisnis sendiri. Semua rasa syukur saya sampaikan kepada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang telah memberi makna pada hidup saya ketika saya mengira semua harapan telah hilang. Anda dapat menghubungi mereka melalui email (belindachristopherloancompany@gmail.com) atau whatsap +1 (347) 797-0786 jika Anda membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, Anda masih dapat menghubungi saya melalui (supriatinetin123@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

    BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    whatsapp: +1 (347) 797-0786
    alamat email: belindachristopherloancompany@gmail.com

    BalasHapus